Mengapa General Affair Wajib Memiliki Skill Memadai?
Cari Berita

Mengapa General Affair Wajib Memiliki Skill Memadai?

Tabloid Internet
Senin, 22 Oktober 2018

Biar pun bernama divisi General Affair (GA) atau Divisi Umum, unit ini juga memiliki tugas khusus. Dia wajib memberikan dukungan atau menjadi suporting unit kepada unit kerja lainnya. Di banyak kantor, General Affair malah melayani seluruh unit kerja perusahaan bahkan lintas perusahaan bila perusahaan itu memiliki beberapa perusahaan lagi di dalamnya.


Artikel ini menjelaskan betapa pentingnya posisi dan skill yang harus dimiliki dari general affair saat bertugas di kantor maupun perusahaan.
General Affair atau Divisi Umum
Merekalah yang bertanggung jawab dalam hal pengelolaan pelayanan rutin kantor. Dengan kalimat singkat, General Affair adalah unit pendukung (supporting unit) yang diperlukan sebuah perusahaan untuk mengurus banyak keperluan rutin perusahaan/instansi/organisasi.

Jelas sekarang, General Affair mengemban tugas yang tidak sedikit, terus-menerus, dan tentu saja rumit. Ujung-ujungnya, General Affair tidak bisa dipandang sebagai divisi tempelan, tambahan, dan kumpulan karyawan dengan kemampuan sekadarnya saja. 

Skills mutlak dimiliki oleh sebuah divisi dengan tugas beragam dan membutuhkan reaksi cepat ini. Sebuah tim kerja yang baik wajib dipunyai di dalam divisi ini agar tepat dalam pengelolaannya.

Seberapa gemuk divisi General Affair biasanya berbanding lurus dengan seberapa gemuk organisasi perusahaan itu. 

Ada divisi General Affair yang berada di dalam unit HRD (biasanya untuk perusahaan jasa atau perusahaan dengan sedikit karyawan dan ruang kantor kecil) namun ada juga yang berdiri sendiri. Yang model seperti ini banyak terdapat di perusahaan besar, memiliki kantor yang luas, proses produksi besar, dan jumlah karyawan yang tidak sedikit.

Ruang lingkup yang ditangani Divisi General Affair pun berbeda untuk tiap perusahaan. Tapi, untuk urusan syarat kecakapan, semua perusahaan sepakat bahwa divisi ini harus dipimpin oleh manager yang berpengalaman, mampu berpikir cepat, memiliki tim yang solid dan tangguh, mampu membuat perencanaan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. 

Dan tentu saja kemampuan untuk bereaksi secara cepat. Jika sudah demikian, siapa berani mengatakan bahwa divisi ini kumpulan para karyawan dengan kompetensi sekadarnya?

Bayangkan, Divisi General Affair dtuntut untuk mengurusi berbagai perijinan, dan kehumasan, operasional, dll, juga penyediaan dan pengelolaan Alat Tulis Kantor (ATK & Stationery). 

Tidak hanya itu, urusan besar juga menjadi tanggung jawab mereka seperti penanganan & perawatan bangunan & gedung (biasa disebut general cleaner), pemeliharaan kesehatan, safety, dan pelaksanaan K3 bagi seluruh karyawan, mengurusi kendaraan perusahaan/driver/pool dan perparkiran dan masih banyak tugas lain.

Dan ketika Anda menyadari pentingnya peningkatan skill untuk anggota tim divisi General Affair, maka menggelar workshop adalah sebuah keputusan tepat.

Penutup


General Affair memang sangat vital dalam sebuah tim. Setiap event maupun perusahaan wajib memiliki divisi umum yang punya skill baik. Artinya, tampa skill yang baik maka semua manajemen dalam program dari tim atau perusahaan tidak akan teratur dengan baik.