Saatnya Para Pimpinan Meningkatkan Kompetensi Sekretaris
Cari Berita

Saatnya Para Pimpinan Meningkatkan Kompetensi Sekretaris

Tabloid Internet
Selasa, 30 Oktober 2018

Tugas pimpinan tak hanya mengejar target pekerjaan yang menjadi tuntutannya. Di luar itu, peran pimpinan dalam mengelola anggota timnya juga tak boleh diabaikan. Salah satunya adalah mendongkrak kompetensi sekretaris.

Pentingnya Workshop untuk Sekretaris


Seorang pimpinan bisa mengusulkan ke bagian SDM atau HRD agar sekretarisnya diberi kesempatan mengikuti workshop for secretary. Workshop itu bisa dilakukan di kantor atau mengirim dia ke kelas workshop publik.

Seorang pimpinan bisa mengusulkan ke bagian SDM atau HRD agar sekretarisnya diberi kesempatan mengikuti workshop for secretary. Workshop itu bisa dilakukan di kantor atau mengirim dia ke kelas workshop publik.
Workshop untuk Sekretaris Anda

Apa pentingnya mengirim sekretaris masuk ke kelas workshop? Banyak, beberapa di antaranya adalah:

  1. Untuk memberi bekal si sekretaris dengan aneka ketrampilan dasar yang wajib dipunyai dan dikuasi oleh seorang sekretaris atau hal-hal yang berhubungan dengan unit kesekretariatan.
  2. Meningkatkan tanggung-jawab seorang sekretaris terhadap bidang tugas yang menjadi job description-nya sesuai ketetapan perusahaan atau pimpinannya
  3. Mempertahankan dan meningkatkan motivasi si sekretaris dalam menjalankan pekerjaan rutinnya.
  4. Membekali sekretaris dengan ketrampilan dan keahlian baru sehingga dirinya beranjak menjadi anggota tim kerja yang handal dan profesional.
  5. Menjadikan si sekretaris dengan peran sekretaris di era globalisasi ini.
  6. Memperbaiki attitute, cara melayani klien, bertelepon yang benar, mengucap salam, berpenampilan dan juga membekali dengan kemampuan komunikasi/public relation

Selain itu, workshop for secretary juga mempunyai materi pelatihan yang penting untuk membuat standarisasi layanan yang sama di semua unit. Jika standarisasi itu bisa diterapkan di dalam perusahaan  maka secara otomatis proses kerja di dalam perusahaan juga menjadi semakin baik. Seorang sekretaris juga dituntut memiliki skill dalam hal merencanakan meeting/rapat, menyusun agenda yang efektif, membuat bahan presentasi, dan merangkum notes/kesimpulan.

Untuk itu, seorang sekretaris wajib memahami dasar-dasar pekerjaan seperti teknik pengelolaan arsip yang benar, mengelola kearsipan, mengelola surat masuk dan keluar, menguasai keahlian berkomunikasi, yakni mendengar aktif, asertif, dan proaktif.

Kesimpulan


Nah, dari beberapa hal di atas, apakah sekretaris Anda memiliki kompetensi yang memadai? Atau, pernahkah Anda mendengar keluhan seputar cara kerja sekretaris Anda? Bila ya, maka saatnya Anda selaku pimpinan memberikan kesempatan padanya untuk meningkatkan kompetensi. Anda pun bakal diuntungkan saat skill sekretaris Anda meningkat. Setuju?