5 Penerapan Terbaik Manajemen HR
Cari Berita

5 Penerapan Terbaik Manajemen HR

Tabloid Internet
Minggu, 04 November 2018

Penerapan manajemen HR dalam setiap perusahaan akan memberikan hasil yang beragam, ini tergantung dari alat yang digunakan dan juga kualitas serta efektifitas dari manajemen itu sendiri. Sebenarnya yang dimaksud dengan manajemen HR adalah semua kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memaksimalkan kinerja karyawan dalam rangka untuk mencapai kualitas pelayanan dan produk yang cukup tinggi.

Penerapan manajemen HR  membantu perusahaan untuk memaksimalkan kualitas pelayanan dan produk seperti analisis jabatan dan desain, rekrutment dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja dan manajemen kompensasi, serta hubungan antar karyawan.
Penerapan Terbaik Manajemen HR


Penerapan–penerapan manajemen HR antara lain meliputi kegiatan analisis jabatan dan desain, rekrutment dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja dan manajemen kompensasi, serta hubungan atar karyawan. Kita bahas satu per satu.

1. Analisis jabatan dan desain

Masing-masing alat akan digunakan sesuai dengan strategi yang akan diterapkan. Prosesnya antara lain dimulai dengan analisis pekerjaan untuk mengembangkan pemahaman yang lengkap tentang pekerjaan itu sendiri oleh praktisi manajemen HR. Strategi secara langsung akan memengaruhi analisis jabatan dan desain. Sebagai contoh adalah, sebuah perusahaan yang memiliki tujuan jangka pendek untuk memaksimalkan produktivitas hanya dalam jangka waktu tertentu akan  memilih untuk mempekerjakan tenaga kontrak jangka pendek untuk menghemat biaya pelatihan dan evaluasi tahunan.

2. Rekrutmen dan seleksi

Ini merupakan proses menarik pelamar-pelamar berkualitas dan potensial.  Dalam tahap ini perusahaan harus pandai dalam memilih channel yang sesuai. Pemilihan channel akan tergantung dari anggaran perusahaan yang dialokasikan untuk tujuan terkait.

3. Pelatihan dan pengembangan

Ini lebih pada kegiatan lanjutan yang dilakukan untuk memperbaiki kinerja karyawan yang sudah ada. Tahap penerapan manajemen HR ini meliputi pelatihan, pendidikan dan pembangunan. Biasanya menggunakan jasa pihak ketiga sehingga mentoring dan kegiatan pelatihan bisa dilakukan dengan lebih efektif serta efisien. Tekhnik-tekhnik yang digunakan secara umum memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai dan mempertahankan keunggulan kompetitif yang sangat penting untuk eksistensi perusahaan di dunia bisnis.

4. Manajemen kinerja dan manajemen kompensasi

Segala kegiatan perusahaan yang memastikan bahwa penerapan manajemen HR telah mencapai tujuannya dengan cara yang efisien. Termasuk di dalamnya adalah dengan pendataan pemberian reward untuk setiap prestasi yang dilakukan oleh karyawan.

5. Hubungan karyawan 

Hubungan karyawan harus diciptakan senyaman mungkin antara sesama karyawan dan juga antara karyawan dan pemimpin. Ini akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan efektif.

Rangkuman


Demikian ulasan tentang penerapan terbaik manajemen HR dalam sebuah perusahaan. Kami berharap setelah membaca ini, manager atau pemimpin perusahaan mendapatkan catatan untuk menerapkan manajemen HR di perusahaanya.