4 Cara Mengukur Efektivitas Manajemen SDM
Cari Berita

4 Cara Mengukur Efektivitas Manajemen SDM

Tabloid Internet
Minggu, 04 November 2018

Ketika berbicara soal dunia bisnis, kompetisi yang sangat ketat menjadi pemicu bagi setiap organisasi untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas dari layanan dan produk masing-masing. Ini adalah syarat mutlak untuk tetap bertahan di pasar meskipun dunia sedang mengalami resesi. Pendukung utama untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan sistem manajemen SDM yang efektif dan mampu mengembangkan hubungan baik dengan karyawan.

perusahaan harus memiliki cara untuk mengukur efektivitas manajemen SDM sehingga kinerja setiap karyawan dapat diukur dan diorganisir  dengan baik.
Cara Mengukur Efektivitas Manajemen SDM

Dalam bisnis yang masih dalam skala kecil maupun sebuah perusahaan multinasional, penerapan dan manfaat dari sistem manajemen SDM yang baik akan membantu perusahaan untuk memantau perkembangan setiap personil. 

Efeknya, kinerja setiap individu dapat terukur dengan baik, liburan dan cuti karyawan dijadwalkan dengan adil, pensiun terus terorganisir, jumlah absen kehadiran karena sakit terkendali dan pembagian gaji benar-benar diperiksa. Semua ini akan benar-benar berarti jika perusahaan Anda memiliki cara untuk mengukur efektifitas dari manajemen SDM yang diterapkan.

Ada 4 cara untuk melakukannya, yaitu:

1. Dengan mengumpulkan dan menyusun data tentang biaya-biaya manajerial

Ini akan meliputi gaji manajer, biaya dukungan teknis, pengoperasian fasilitas karyawan, dan sebagainya. Pengumpulan data dilakukan dengan interval yang teratur, misalnya setiap awal bulan atau akhir bulan. Kemudian lakukan pembandingan data dan cari penurunan biaya. 

Penurunan biaya memiliki arti bahwa manajemen SDM Anda efektif menghasilkan karyawan-karyawan yang lebih efisien.

2. Perhatikan dan hitung jumlah pengaduan yang dibuat oleh karyawan

Semakin rendah jumlahnya artinya sistem berjalan dengan baik.

3. Survei kepuasan pelanggan

Penurunan kepuasan bisa diartikan bahwa kinerja karyawan menurun dan ini adalah peringatan untuk melakukan perbaikan dari dalam sesegera mungkin.

4. Perhatikan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kekosongan posisi dan perputaran karyawan

Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan karyawan baru maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar, ini jelas bukan ciri efektifitas. 

Tingkat kecenderungan karyawan yang bertahan semakin tinggi menandakan bahwa sistem manajemen SDM telah berhasil mendapatkan karyawan yang sesuai karakter bisnis serta berhasil menciptakan lingkungan hubungan kerja yang kondusif nyaman untuk mereka dalam perusahaan.

Penutup


Demikian artikel tentang 4 cara mengukur efektivitas manajemen SDM dalam sebuah perusahaan. Ketika manajemen SDM sudah berlangsung dengan baik maka nilai perusahaan di mata dunia bisnis akan menjadi lebih baik.