3 Metode Pelatihan Karyawan
Cari Berita

3 Metode Pelatihan Karyawan

Tabloid Internet
Minggu, 04 November 2018

Salah satu unsur utama dari dunia Human Resources Development (HRD) adalah pelatihan karyawan. sebuah HRD Department akan bertanggung jawab atas kebutuhan pelatihan, aspek non skill, pengembangan program pelatihan dan pengukuran efektivitasnya. 

Sebenarnya ada banyak metode yang dapat dipilih untuk melaksanakan pelatihan ini, masing-masing akan efektif jika sesuai dengan tujuan dan hasil yang diinginkan.

Metode pelatihan karyawan yang efektif dapat dilakukan untuk membantu karyawan meningkatkan pengetahuan dan kualitas saat bekerja sehingga nilai perusahaan semakin tinggi.
Metode Pelatihan Karyawan


Metode Pelatihan untuk Karyawan yang Efektif


Berikut ini adalah gambaran dari beberapa metode pelatihan karyawan yang dapat dilakukan, gambaran besarnya adalah ketika memiih metode mana yang paling efektif maka lakukan dengan kebijaksanaan Anda sendiri dengan dasar pengetahuan dan penilaian yang baik dari kebutuhan organisasi.

1. Metode pembelajaran dengan ruang kelas tradisional atau konservatif

Ini adalah model dimana pelatih dan karyawan berada dalam satu ruangan dan berhadapan secara langsung untuk melakukan pelatihan teoritis. Hampir semua perusahaan pernah menerapkan metode ini, meskipun mungkin dengan beberapa modifikasi disana-sini. Meskipun masih efektif namun sudah banyak ditinggalkan dengan kemajuan tekhnologi informasi saat ini.

2. Metode belajar dalam pekerjaan

Metode seperti ini adalah yang paling efektif untuk melatih karyawan dengan tujuan ketangguhan dunia nyata. Sebagain besar dilakukan untuk level manajer dengan pendampingan seorang pengawas atau pelatih. Menjadi metode yang ideal karena pelatihan akan menunjukkan kepada peserta training sebuah kenyataan dan studi kasus yang persis akan mereka temui dalam pekerjaan mereka nantinya. Kendalanya adalah tingginya unsur stress dan tekanan yang akan dialami. Namun justru disana jugalah nilai lebihnya dalam menyaring calon manajer yang tangguh dan profesional.

3. Metode E-Learning

Metode ini berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Banyak digunakan oleh industri-industri modern atau perusahaan yang ingin meng-upgrade kualitas pelatihan mereka dengan sistem manajemen HRD yang lebih modern. merupakan alternatif yang fleksibel dari kelas pembelajaran tradisional, dimana pelatih dan peserta akan berhadapan langsung dan meluangkan waktu bersamaan namun tidak dalam satu tempat. Metode ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, sebagian perusahaan akan menyewa trainer nyata namun ada beberapa yang menggunakan software.

Kesimpulan


Demikian ulasan mengenai beberapa metode pelatihan untuk karyawan. Pelatihan unruk meningkatkan kualitas dan profesionalitas karyawan yang ada di perusahaan agar betah dan nyaman menekuni pekerjaannya.