7 Panduan Menjadi Pemimpin Efektif
Cari Berita

7 Panduan Menjadi Pemimpin Efektif

Tabloid Internet
Minggu, 04 November 2018

Salah satu bagian dalam bisnis atau organisasi yang memiliki berbagai tanggung jawab dan fungsi adalah bagian manajemen sumberdaya manusia. Salah satu tugas penting yang harus dilakukan adalah memutuskan apakah sebuah perusahaan mampu mendapatkan sendiri karyawan yang dibutuhkan ataukah harus menggunakan jasa pihak ketiga.

Panduan menjadi pemimpin efektif bisa membantu anda menjadi manajer sumberdaya manusia menjadi yang efektif dalam mengemban tugas dengan baik.
Panduan Menjadi Pemimpin Efektif

Jika dirasa mampu melakukan sendiri maka tugas lain akan mengikuti yaitu perekrutan, pelatihan dan mendidik karyawan baru sehingga mampu mempertahankan standar dari perusahaan tersebut.

Seorang pemimpin atau manajer sumberdaya manusia akan bertanggung jawab penuh pada departemen personalia dan perusahaan tempatnya bekerja. Ketika mendapatkan pekerjaan ini maka anda harus benar-benar memahami tanggung jawab dan kewajiban apa sajakah yang harus dilakukan.

Secara mendetail, tugas seorang manajer sumberdaya manusia, yakni merekrut, mempekerjakan, pelatihan, organisasi, komunikasi, manajemen kinerja, gaji dan tunjangan, membangun tim, dan memelihara hubungan karyawan. Satu kunci untuk sukses dalam bidang ini adalah bahwa anda menikmati keseluruhan tugas dan menjalankannya dengan baik.

Ada 7 panduan utama ketika Anda menginginkan efektivitas dalam pekerjaan sebagai manajer sumberdaya manusia:

  1. Definisikan batas-batas hubungan dengan masing-masing  teamwork
  2. Perhatikan dengan baik antusiasme tim Anda pada masalah.  Jangan menutup kemungkinan menerima masukan dan kritik dari anggota tim.
  3. Membantu setiap karyawan untuk berkembang secara profesional, penting untuk mempromosikan keberhasilan karyawan sebagai wujud penghargaan dan juga motivasi.
  4. Menjadi pendengar yang baik. Ijinkan ide dan pikiran karyawan untuk membantu kemajuan visi dan misi organisasi
  5. Atur kecepatan penerapan setiap program dengan memberikan contoh-contoh nyata.
  6. Bangun lingkungan dengan antusiasme perbaikan terus menerus.
  7. Berikan perhatian dan peluang baru untuk karyawan yang layak tumbuh, ini bisa bersifat profesional atau berdasarkan penilaian pribadi.

Kesimpulan



Manajemen sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan sebuah bisnis, baik itu menuju keberhasilan atau justru sebaliknya. Oleh karena itu seorang manajer sumberdaya manusia dituntut untuk selalu bisa mempertahankan standar kualitas yang tinggi dari setiap karyawan yang bekerja dalam organisasi atau perusahaan tersebut.